Selasa, 23 Januari 2018

Cara Kerja Search Engine

Gambar terkait

jasa pembuatan website di jakarta pusat - Setelah membaca perjumpaan SEO, pastinya saat ini kita ketahui kalau Search Engine atau Mesin Pencari bertindak penting dalam sistem SEO keseluruhannya. Jika kita ingin memakai suatu hal, pasti kita harus tahu cara kerja barang itu bukan?

Nah, di sini anda juga akan belajar tentang Cara kerja Search Engine, Apa sajakah peranan dari Search engine yang memengaruhi posisi dan kwalitas Situs kita di mata orang, dan bagaimana kita dapat buat Search Engine itu “mencintai” situs kita.

Cara Kerja Search Engine – Situs Crawling & Indexing
Semua Search Engine (Mesin Pencari), baik itu Google, Yahoo!, Bing, maupun Search Engine yang lain, memiliki 2 peranan yang paling penting, yakni Situs Crawling dan Indexing/Membuat Indeks. Tersebut disini keterangan lengkap tentang ke-2 peranan utama dari Search Engine (Mesin Pencari).

Langkah Pertama : Situs Crawling – Penelusuran Internet dan Website
Peranan pertama Search Engine yaitu untuk menelusuri Internet untuk temukan beragam halaman situs yang ada. Search engine melakukan hal semacam ini dengan menebarkan program yang diberi nama Bot untuk mencari dan menelusuri setiap situs yang mereka dapatkan. Bot ini lalu mencatat semua data yang mereka dapatkan dan menyimpannya dalam satu tempat sendiri untuk lalu dipakai jadi basic untuk langkah ke-2, yakni Indexing.

Bila kamu masih tetap bingung, mungkin perumpamaan ini dapat menolong kamu mengerti cara kerja Situs Crawling. Umpamakan Internet yaitu kota tempat kamu tinggal saat ini. Situs yaitu masing-masing bangunan yang ada pada kota itu, dari mulai bangunan kecil dan sederhana seperti rumah masyarakat sampai Bangunan besar dan rumit seperti Taman Bermain. Bot dapat diumpamakan seperti petugas yang masuk setiap bangunan (crawling) dan mencatat apa sajakah ruangan (halaman) dan barang (data dan dokumen) yang berada di dalam bangunan itu. Catatan itu lalu diserahkan pada markas pusat untuk ditata kembali (Indexing). 

Bot dapat menelusuri situs dengan memakai Link atau Pranala yang berada di dalam situs itu. Link – link ini dapat diumpamakan jadi sebuah “pintu” yang menghubungkan semasing ruangan dalam bangunan. Dengan menghubungkan semua halaman dalam situs kamu memakai link atau pranala, kamu juga akan mempermudah Bot untuk ketahui kondisi dan data yang dipunyai oleh situs kamu hingga Search Engine (Mesin Pencari) dapat berikan penilaian yang lebih detil dan ranking yang lebih stabil.

Langkah Ke-2 : Indexing – Penyusunan Data dan Pembangunan Basis Data
Kita harus ingat, kalau Search Engine yaitu Mesin Penjawab. Jika susunan data berantakan pasti pencarian info juga akan memerlukan waktu yang lama. Untuk menghindar terjadinya hal semacam ini, Search Engine memiliki peranan ke-2, yakni mengatur dan mengindeks data. Search Engine, terlebih Google, mengatur data berdasar pada 2 hal, yakni Relevansi dan Popularitas.

Relevansi bermakna seberapa berhubungan info di situs itu dengan keyword yang dipakai untuk pencarian. Makin banyak info yang berhubungan dengan keyword diketemukan oleh Bot didalam situs, makin tinggi relevansi situs itu, dan makin dihargai oleh Google. Jadi bila ingin situs kamu memiliki ranking yang bagus, buat info yang bermanfaat.

Popularitas bermakna seberapa bermanfaat info yang berada di dalam situs itu untuk beberapa pencari. Makin beberapa orang yang mereferensikan situs itu, baik melalui komunitas, media sosial, situs (blog), dan beda sebagainya, makin tinggi Google menilainya situs itu karena menurut Google info yang dipunyai sangat berguna untuk orang yang mencari keyword itu.

Relevansi dan Popularitas ini ditata dengan automatis oleh Google memakai algoritma pencarian. Sampai saat ini, algoritma yang digunakan oleh Google dalam memastikan relevansi sebuah situs masih tetap selalu berkembang, hingga Google dapat memberi hasil yang lebih tepat dan tidak mudah tertipu trick curang.

Memakai Cara Kerja Search Engine Untuk Website
Jadi, cara paling baik dan termudah untuk buat situs kita “dicintai” Google yaitu dengan buat content dengan info yang relevan dan tata letak halaman yang teratur. Tetapkan keyword yang kamu kehendaki terlebih dulu agar kamu dapat buat content yang relevan dan menarik.

Untuk Tips tentang Tata Letak Situs, kita juga akan ulas di Bab selanjutnya, yakni Tehnik Basic Untuk SEO. Setelah kamu tahu Tehnik Basic untuk SEO, kamu dapat mulai mengaplikasikan beberapa tips itu kedalam situs yang kamu punyai untuk lihat akhirnya.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.